-------------------------------------------

Minat menjadi Agen? Daftar di sini.

Konsep Sehat

Kesehatan dan Penyakit

Berdasarkan pernyataan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kesehatan didefinisikan sebagai keadaan fisik, mental dan kesejahteraan sosial secara lengkap dan bukan hanya sekedar tidak mengidap penyakit atau kelemahan. Faktor-faktor utama yang mempengaruhi derajat kesehatan diantaranya kondisi sosial (10%); kondisi medis (8%); kondisi iklim (7%); faktor keturunan (15%) dan gaya hidup (60%).
Setiap orang akan selalu mendambakan badan yang sehat dan bugar serta memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Keadaan ini dapat diraih dengan menerapkan pola hidup alami dalam kehidupan sehari-hari, seperti gizi seimbang, gerak badan dan gaya hidup sehat.

A. Gizi Seimbang
Tubuh yang sehat sangat tergantung dari asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan. Gizi tidak hanya harus lengkap, tapi juga harus seimbang dalam proporsi yang tepat, artinya tidak berlebihan atau kekurangan.

gambar1

Gizi yang seimbang menjadikan kulit sehat berseri

Apabila asupan makanan kurang  dari batas minimum akan menimbulkan masalah kurang gizi, sedangkan apabila berlebihan dapat menimbulkan beberapa masalah seperti obesitas, kolesterol tinggi, asam urat dan lain-lain.
Untuk mencapai gizi optimal dengan komposisi yang tepat hendaknya memilih makanan dan minuman alami seperti sayuran hijau, buah-buahan, kecambah, kacang-kacangan, biji-bijian, berries, makanan rendah lemak namun tinggi serat serta air yang bersih dan sehat.

B. Gerak Badan

Untuk mendapatkan tubuh yang what dan bugar, pola hidup juga harus ditunjang dengan kegiatan olahraga atau latihan fisik secara teratur sesuai kebutuhan tubuh. Olahraga secara teratur akan meningkatkan kekuatan otot jantung serta memberi manfaat bagi sistem pernapasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang mempunyai aktifitas fisik rendah mempunyai resiko dua kali lebil tinggi thigi mengalami kematian prematur dibandingkan orang dengan tingkat aktifitas fisik tinggi.

gambar2

Olahraga penting untuk kekuatan jantung dan pernapasan

C. Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup sehat meliputi segala upaya untuk menerapkan kebiasaan yang balk dalam menciptakan hidup yang sehat dan menghindarkan kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan. Dengan semakin banyaknya penderita penyakit, terutama penyakit degeneratif seperti penyakit jantung, hipertensi, kanker dan penyakit tidak menular lainnya, tampaknya gaya hidup sehat perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Beberapa upaya dilakukan untuk menjalankan hidup sehat, diantaranya berselaras dengan alam, mengkonsumsi makanan sehat (makanan organik), berolahraga secara teratur, banyak mengkonsumsi air minum sehat, kontrol emosi dan tingkah laku, mengendalikqan stres,    menjauhi pencemaran lingkungan, melakukan aktivitas fisik secara teratur, memantau berat badan serta menghindari rokok, alkohol dan obat-obatan terlarang sehingga tubuh tidak rentan terhadap penyakit. Kesemuanya menjadi kunci hidup sehat dan umur panjang. Keuntungan bergaya hidup sehat adalah adanya rasa tenteram, aman dan nyaman, suskes dalam pekeriaan, menikmati kehidupan sosial yang sehat di lingkungan sekitar, memiliki rasa percaya diri, hidup seimbang dan tidur nyenyak.

gambar3

Gaya hidup sehat meningkatkan kualitas hidup

Penggunaan herbal atau tumbuhan obat sebagai obat tradisional antara lain bertujuan untuk memelihara kesehatan, meningkatkan daya tahan tubuh serta membantu menyembuhkan penyakit. Beberapa jenis tanaman telah lama dikenal dan digunakan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia untuk pengobatan dan kesehatan misalnya sayuran hijau. Sayuran hijau diketahui memiliki banyak khasiat kesehatan, karena didalamnya banyak terkandung zat gizi dan nongizi yang sangat dibutuhkan tubuh, salah satunya adalah klorofil, pigmen pemberi warna hijau pada tanaman.